Search

Sesi II Asing Obral Saham, Penguatan IHSG Menipis Jadi 0,57% - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat pada perdagangan Kamis (23/4/2020), meski demikian penguatan tersebut menipis ketimbang akhir sesi I. Selain itu, investor asing masih melakukan aksi beli bersih (net buy) di sesi I, tetapi di akhir perdagangan justru menjadi jual bersih (net sell).

Begitu perdagangan hari ini dibuka, IHGS langsung masuk ke zona hijau. Apresiasi terus bertambah hingga 1,22% ke 4.623,443 yang menjadi level tertinggi di sesi I, sebelum terpangkas dan menjadi 0,93% di 4.610.05 di akhir perdagangan.

Selain mampu menguat, investor asing akhirnya melakukan aksi beli bersih sebesar Rp 28,27 miliar di pasar reguler dan non-reguler. Total nilai transaksi di sesi I tercatat sebesar Rp 3,16 triliun.


Memasuki perdagangan sesi II, IHSG sempat melesat hingga 1,35% ke 4.629,026, yang menjadi level tertinggi intraday. Sayangnya, IHSG gagal mempertahankan penguatan, terus terpangkas hingga berakhir di level 4.593,554, menguat 0,57%.

Investor asing yang net buy di sesi I, menjadi net sell sepanjang perdagangan hari ini dengan total 243,82 miliar di pasar reguler dan non-reguler. Sementara nilai transaksi hari ini sebesar Rp 6,64 triliun, berdasarkan data Refinitiv.

Harga minyak mentah yang mulai merangkak naik membuat sentimen pelaku pasar membaik. Minyak jenis Brent menguat sekitar 3% dan kembali ke atas US$ 20/barel, sementara minyak West Texas Intermediate (WTI) menguat nyaris 4% diperdagangkan di kisaran US$ 14/barel pagi ini, berdasarkan data Refinitiv.

Sebelumnya di awal pekan, jagat finansial dibuat heboh kemarin setelah harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) mengakhiri perdagangan Senin di wilayah minus. Berdasarkan data Refinitiv, minyak WTI sempat ambles hingga US$ -40,32/barel sebelum mengakhiri perdagangan di US$ -37,63/barel atau ambles 305,97% di awal pekan.

Harga minyak WTI minus merupakan untuk kontrak Mei yang expired pada Selasa (21/4/2020), dan kontrak yang paling aktif diperdagangkan adalah kontrak bulan Juni. Di akhir perdagangan Senin, minyak WTI kontrak Juni berada di level US$ 20,43/barel dan lebih tepat menggambarkan pasar minyak mentah yang sebenarnya.

Namun, pada hari Selasa minyak WTI kontrak Juni tersebut akhirnya ambles juga, sempat menyentuh level terendah intraday US$ 6,5/barel sebelum mengakhiri perdagangan di level US$ 11,57/barel. Harga minyak Brent juga ikut ambles ke bawah US$ 20/barel dan mencapai level terendah sejak 2001.

Rabu kemarin, minyak akhirnya pulih meski sempat mengalami aksi jual di awal perdagangan, dan pergerakannya lebih stabil pada hari ini. Pulihnya harga minyak sejak kemarin membuat bursa saham Eropa dan Amerika Serikat (Wall Street) menguat. Sebagai kiblat bursa saham dunia, penguatan Wall Street mengirim sentimen positif ke pasar Asia hari ini, termasuk ke IHSG.

Di luar gejolak harga minyak, sebenarnya ada kabar bagus dari Eropa dan AS, juga dari dalam negeri.

Negara-negara Eropa mulai membuka karantina wilayah (lockdown) setelah penyebaran COVID-19 melambat. Italia berencana membuka lockdown secara bertahap pada 4 Mei nanti. Italia dan Spanyol sudah mengijinkan warganya mulai beraktivitas sejak pekan lalu.

Kemudian Jerman juga mulai mengizinkan warganya beraktivitas, toko-toko kecil sudah diizinkan buka kembali sejak Senin, dan sekolah mulai aktif lagi per 4 Mei.

Belanda juga berencana membuka lockdown secara bertahap mulai 11 Mei.

Roda bisnis di Eropa yang mulai berputar kembali tentunya menjadi kabar bagus, perekonomian global bisa perlahan bangkit dari keterpurukan.

Selain itu, dari AS, Senat AS telah menyetujui paket stimulus terbaru senilai US$ 484 miliar, dan akan diserahkan ke House of Representative (DPR) AS untuk di-voting yang diharapkan akan dilakukan pada hari ini waktu setempat. 

Dari total paket tersebut, US$ 310 miliar ditujukan ditujukan untuk memberi bantuan kepada UMKM, sisanya akan diberikan ke rumah sakit serta untuk memperluas tes COVID-19.

Paket stimulus ini merupakan tambahan dari stimulus jumbo US$ 2 triliun yang sudah digelontorkan beberapa pekan lalu.

TIM RISET CNBC INDONESIA  (pap/pap)

Let's block ads! (Why?)



"obral" - Google Berita
April 23, 2020 at 04:23PM
https://ift.tt/2VtZdLG

Sesi II Asing Obral Saham, Penguatan IHSG Menipis Jadi 0,57% - CNBC Indonesia
"obral" - Google Berita
https://ift.tt/2T6flSP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sesi II Asing Obral Saham, Penguatan IHSG Menipis Jadi 0,57% - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.