Search

Pakan Sulit Didapat Gegara Corona, Peternak di Pangandaran Obral Ayam - Detiknews

Pangandaran -

Dampak tidak langsung dari pandemi virus Corona memukul pelaku usaha peternakan ayam pedaging. Mereka terpaksa menjual murah ternaknya.

Sejumlah peternak ayam pedaging baik ayam broiler maupun ayam pejantan di Pangandaran memilih mengobral ternak ayamnya dengan harga murah.

Kordinator Kelompok Peternak Ayam Pejantan Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran, Yusep Rahmanudin menjelaskan, langkah sejumlah peternak menjual ayam dengan harga di bawah pasaran terpaksa dilakukan untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

"Masalahnya pasokan pakan menjadi langka. Pihak perusahaan pakan tidak melakukan pengiriman," kata Yusep, Senin (6/4/2020).

Ia mengatakan ketimbang ayam mati di kandang akibat kekurangan pakan, maka menjual ayam lebih awal langsung ke masyarakat dipandang bisa menjadi solusi.

"Peternak tidak mau rugi memberi pakan harian ke ayam selama masih ada di kandang, lebih baik dijual cepat saja dan menghindari kematian," katanya.

Yusep berharap ada langkah-langkah strategis dari pemerintah untuk menyiasati kondisi tak menguntungkan yang dialami oleh peternak ayam. "Dampaknya besar, banyak pegawai kandang yang kehilangan pekerjaan. Ini harus dicarikan solusinya," katanya.

Sementara itu pantauan detikcom, penjualan ayam hidup milik peternak banyak ditawarkan di grup jual beli media sosial.

Ayam pedaging jenis pejantan dengan bobot sekitar 5 - 7 ons, ditawarkan dengan harga Rp 4 ribu per ekor.

"Nanti Lebaran atau sekitar satu atau dua bulan lagi sudah bisa dipotong, jadi harus dipelihara dulu," kata Ahmad, seorang peternak di Pangandaran.

(mud/mud)

Let's block ads! (Why?)



"obral" - Google Berita
April 06, 2020 at 01:47PM
https://ift.tt/2JJtFeg

Pakan Sulit Didapat Gegara Corona, Peternak di Pangandaran Obral Ayam - Detiknews
"obral" - Google Berita
https://ift.tt/2T6flSP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pakan Sulit Didapat Gegara Corona, Peternak di Pangandaran Obral Ayam - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.