Search

Jumlah Tilang Menurun, Rata-rata dalam Setahun Polres Malang “Obral” 30 Ribu Surat Tilang - JatimTimesNews

Dalam setiap satu bulan, sedikitnya ada sekitar 2.500 pengguna jalan yang ditilang oleh pihak kepolisian. Dengan demikian, dalam satu tahun ada sekitar 30 ribu surat tilang yang dikeluarkan oleh SatlantasPolres Malang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Nining Kusumawati. Menurutnya, jika melihat tren yang terjadi dalam kurun waktu 3 tahun belakangan ini, di tahun 2020 jumlah tilang diperkirakan bakal mengalami penurunan. 

”Kami lebih mengedepankan tindakan preventif (pencegahan), jika pelanggarannya tidak terlalu berat dan masih bisa diarahkan biasanya tidak akan kami tilang. Penindakan secara tilang itu kami ambil jika memang pelanggaran yang dilakukan sudah tidak bisa ditoleransi lagi,” terang Nining.

Biasanya, lanjut Nining, para pengguna jalan yang ditilang tersebut adalah pengendara yang tidak memiliki surat berkendara. Seperti SIM (Surat Ijin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

”Kebanyakan yang kami tilang memang yang tidak bisa menunjukkan SIM dan STNK. Sebanyak 55 persen pengendara yang tidak memiliki SIM masih dibawah umur, jadi harus kami tilang karena masih belum layak mengendarai sepeda motor, untuk efek jera. Sedangkan yang tidak bisa menunjukkan atau STNK-nya mati , terpaksa kami tilang karena rawan penggelapan dan pencurian,” tegas Nining.

Jika melihat data, dalam kurun waktu 3 tahun belakangan ini jumlah tilang tertinggi terjadi pada tahun 2017 lalu. Ketika itu, Satlantas Polres Malang “mengobral” sebanyak 35.945 surat tilang.

Jumlahnya mengalami penurunan yang sangat signifikan saat memasuki tahun 2018. Ketika itu, hanya ada 31.006 surat tilang yang dikeluarkan pihak kepolisian.

Bergeser ke tahun 2019, kuantitas surat tilang yang dikeluarkan Satlantas Polres Malang juga mengalami penurunan jika dibandingkan 2 tahun sebelumnya. Yakni hanya ada 29.474 surat tilang yang diberikan kepada pengguna jalan yang melanggar ketentuan berlalu lintas.

”Tahun ini jumlah tilang juga diprediksi bakal mengalami penurunan. Selain aktif melakukan penyuluhan dan imbauan untuk menaati peraturan lalu lintas. Masyarakat juga diberikan fasilitas seperti misalnya program SIMANIS dan Coaching Clinic Praktik SIM. Sejauh ini terbilang efektif untuk menekan angka pelanggaran yang selalu di dominasi karena tidak memiliki SIM,” tutup Nining.

Let's block ads! (Why?)



"obral" - Google Berita
February 05, 2020 at 08:18PM
https://ift.tt/2tv6gZm

Jumlah Tilang Menurun, Rata-rata dalam Setahun Polres Malang “Obral” 30 Ribu Surat Tilang - JatimTimesNews
"obral" - Google Berita
https://ift.tt/2T6flSP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jumlah Tilang Menurun, Rata-rata dalam Setahun Polres Malang “Obral” 30 Ribu Surat Tilang - JatimTimesNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.