Search

Raja Agung Sejagat Obral Janji, Ini Saran Psikolog Agar Tak Gampang Teperdaya - detikHealth

Jakarta - Raja Keraton Agung Sejagat (KAS), Toto Santoso, terungkap suka mengobral janji pada eks pengikutnya di Keraton, dan anggota lembaga bentukannya yaitu Yogyakarta Development Committee (DEC). Namun, semua janjinya tidak pernah terealisasi.

Seperti yang dialami salah satu warga Dusun Tumpak, Desa Ngawu, Kecamatan Playen bernama Hadi Suroso (74). Hadi pernah dijanjikan tunjangan sebesar 500 dolar per bulan jika mau menjadi koordinator lembaga bentukan Toto, yaitu Gunungkidul Development Committee (DEC).

Menanggapi hal ini, psikolog Nuzulia Rahma Tristinarum dari Motherhope Indonesia, menyarankan agar masyarakat seharusnya lebih berhati-hati, dan bisa bersikap lebih kritis dalam menghadapi kasus seperti ini.

"Dalam mencari informasi, yang bisa dilakukan juga adalah membandingkan. Yaitu mencari cerita-cerita yang mirip. Misalnya tentang sekte atau aliran yang sama, cari informasi sebelumnya yang sama lalu pelajari ceritanya," jelasnya saat dihubungi detikcom Kamis, (16/1/2020)
Menurutnya, jika masyarakat tidak kritis dalam melihat, dan membandingkan suatu fenomena, tentu saja hal itu dapat dengan mudah mempengaruhi pikirannya. Karena, umumnya seseorang yang membangun sekte atau kerajaan baru memiliki komunikasi persuasif yang sangat baik, sehingga banyak orang yang tak sadar tertipu dengan apa yang ia katakan, dan janjikan.

"Jika mencari informasi dari internet, pastikan sumbernya juga bukan "abal abal". Kemudian selanjutnya cari tahu juga tentang siapa tokoh yang mengajak. Bagaimana rekam jejak personalnya, kepribadiannya, akhlaknya," tambahnya.

Daripada mempercayai obral janji manis yang kerap kali diberikan, menurutnya sangat penting untuk mengetahui latar belakang orang tersebut agar benar-benar mengetahui kebenarannya.

"Sebaiknya biasakan berpikir kritis. Jangan langsung percaya tetapi cari info dulu sebanyak banyaknya mengenai hal yang dimaksud. Dalam mencari informasi pun gunakan sumber yang benar, yang sederhana saja, misalnya yang diusung adalah masalah agama, kembalikan pada ajaran dasar agama. Jika dalam Islam ada Alqur'an dan hadits. Kaji dulu landasan Qur'an dan haditsnya, " pungkasnya.

Simak Video "Ini Loh Bahayanya Masak Mie Instan Bersama Bungkusnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

Let's block ads! (Why?)



"obral" - Google Berita
January 16, 2020 at 11:33AM
https://ift.tt/36UthU2

Raja Agung Sejagat Obral Janji, Ini Saran Psikolog Agar Tak Gampang Teperdaya - detikHealth
"obral" - Google Berita
https://ift.tt/2T6flSP
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Raja Agung Sejagat Obral Janji, Ini Saran Psikolog Agar Tak Gampang Teperdaya - detikHealth"

Post a Comment

Powered by Blogger.